Kuadran Waktu 7 Habbits

Kuadran-Habbits_Indo

Aktivitas Kuadran I adalah urgen dan penting – disebut juga masalah dan krisis. Bekerja atau memfokuskan diri pada pada Kuadran I adalah seperti memadamkan api yang sudah terlanjur menyala. Aktivitas Kuadran II adalah penting, namun tidak urgen. Bekerja pada kuadran ini adalah jantung dari manajemen waktu pribadi. Aktivitas Kuadran II dapat memberi pengaruh positif yang kuat dan bila diselesaikan secara rutin akan membuat perubahan yang amat besar dalam kehidupan kita. Awalnya, waktu untuk aktivitas Kuadran II harus datang dari Kuadran III dan IV.

Pekerjaan pada kuadran I tidak bisa dilalaikan, namun secara bertahap harus menyusut dengan mengalihkan ke Kuadran II. Kemudian yang harus kita lakukan adalah fokus pada Kuadran II yang berisi pengembangan, pencegahan, pemeliharaan dan perencanaan jangka panjang sehingga kita dapat sebanyak mungkin terhindar dari keadaan yang memaksa kita untuk bekerja pada Kuadran I. Karena berkerja pada Kuadran I akan sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran kita. Dan yang paling berbahaya adalah tingkat stress yang tinggi pada Kuadran I akan menimbul kan banyak efek pada kesehatan baik fisik dan psikis kita.

Aktivitas Kuadran III adalah urgen namun tidak penting, dan kita sering salah menempatkan sebagai Kuadran I. Kuadran IV adalah kuadran pelarian, yaitu aktivitas yang tidak urgen dan tidak penting. Orang yang efektif akan keluar dari Kuadran III dan Kuadran IV karena disana tidaklah penting. Mereka akan sedapat mungkin mencegah timbulnya pekerjaan pada Kuadran I sampai memiliki banyak waktu di Kuadran II.

Tinggalkan komentar